Don't judge a book by its cover

Mungkin banyak yang tanya kenapa saya mau kuliah di Biologi, dan kenapa bisa sampe selesai. Jawabanya ada dua versi. Versi pertama saya kasih nama versi depan kamera, alias setengah bener setengah ngibul. Versi kedua versi hati nurani alias versi yang sebenernya.

Buat versi pertama, sering banget saya lontarin waktu wawancara kerja, terutama kalo udah nyampe tingkat user. Dan para user itu biasanya menganggukan kepala begitu saya selesai bicara. Entah tanda mengerti dan menerima atau justru sebaliknya menggangap janggal dan seakan-akan mereka bicara, "Shut up you, Bi**h! I know you lied." Versi kedua. Versi yang gak semua orang tahu. Dan nampaknya memang tidak banyak yang mau tahu. Buat apa juga?

Kenapa saya harus mengeluarkan versi dua saya? Karena saya anak Biologi yang banyak melamar di luar bidang. Misalnya di Bank, atau posisi marketing suatu perusahaan, atau di produk kesehatan yang harusnya itu jatah anak teknik pangan, atau EO ultah bocah-bocah bule. So, pertanyaan 'kenapa kamu kuliah biologi' pasti keluar. Kira-kira begini nih dialognya
"Kamu, kenapa kuliah Biologi? Kenapa gak teknik atau kedokteran yang udah jelas bakal jadi apa nantinya."
dan inilah versi depan kamera
"Awalnya saya minta kuliah di teknik. Teknik kimia. Karena niat kerja di industri makanan. Tapi ternyata (atau lebih tepat, sayangnya) saya keterima di pilihan kedua, Biologi. Saya taruh Biologi di pilihan kedua karena melihat pakde saya yang sukses disana. Dan menurut beliau dari Biologi, bisa kok kerja di industri makanan."
Ya begitulah yang selalu terjadi tiap wawancara kerja,hahaha.

Sebenernya gak sesederhana itu. Mungkin saya bukan satu-satunya orang yang nangis waktu pengumuman kelulusan PTN. Tapi percayalah mungkin saya satu-satunya yang nangis karena kecewa. Saya bukanya mau sombong. Kekecewaan itu selalu muncul ketika kamu harus berkorban terlalu jauh untuk orang lain tapi ternyata menyakiti dirimu sendiri. Jujur. Lebih baik saya gak kuliah di PTN tapi dapet jurusan yang saya mau. Toh saya tetap ambil kesempatan itu. Alasanya bukan demi kebanggaan orang tua saya. Ya memang maunya orang tua saya sih saya kuliah di PTN. Tapi karena saat itu orang tua saya bener-bener gak punya uang.
Entah gimana kantor ayah saya bangkrut dan setahun kemudian, tepatnya saat saya mau masuk kuliah, ayah saya menjual rumah makanya. Kalau soal kebanggaan orang tua, saya rasa orang tua saya tetap bisa berbangga saya kuliah di PTS, kalau saya bisa buktiin saya bisa sukses. Tapi kenyataanya beda. Saya seperti gak punya pilihan. Saya gak punya pilihan saya kuliah dimana. Lebih tepatnya pilihan saya: ambil kesempatan itu atau coba lagi tahun depan. Berat buat saya waktu itu, dan saya menangis waktu itu.

Itulah versi hati nurani saya. Hahahaha... cukup menyedihkan dan saya gak pernah suka orang lain mengkasihani saya untuk alasan apapun. That's why saya selalu pake versi depan kamera.
Udah empat tahun sejak itu. Dan akhirnya saya bisa share di sini. Entah siapa yang bakal baca, calon user saya mungkin? Hehehehe....

Tidak punya pilihan itu sesuatu yang paling saya benci, orang lain pun juga gitu rasanya. Saya gak pernah mau anak-anak saya nanti harus merasakan apa yang dulu saya rasain. Kalau sampe hal itu terjadi, berarti saya gak 'belajar' apa-apa dari kejadian itu.

Setelah lulus pun saya cari kerja sama seperti teman-teman saya lainnya. S2? Jelas mau tapi uang siapa? Hahaha. Beasiswa? Saya rasa bisa saja, tapi entahlah seperti ada tuntutan saya harus segera bekerja untuk menghidupin minimal diri saya sendiri. Setelah itu baru cari beasiswa. Kerja pun saya gak mau sembarangan kerja. Kerja itu harus liat income-nya apa sama besar sama outcomenya. Harus liat karirnya juga lah. Banyak banget pokoknya pertimbangan saya. Mungkin hal itu yang bikin banyak orang mentertawakan saya. Wong cuma S1 Biologi aja kok nargetin gajinya gede banget. Banyak yang bilang matrenya saya ini udah kelewatan. Ada juga yang bilang saya terobsesi hidup mewah (yang ini yang paling lucu,hahaha).Well secara logis, mereka gak ngerasain apa yang saya rasain jadi wajar pemikiran kita berbeda. Secara perasaan, hmmmm itu namanya jahat ya ngetawain dan bahkan merendahkan orang lain.

Keinginan saya cuma satu, saya pengen kerja yang bener. Punya uang yang cukup. Anak-anak saya bisa punya pilihan mau sekolah atau kuliah dimana. Bahkan semoga saya bisa kasih mereka pilihan mau sekolah di luar atau di dalam negri. That's all. So please don't judge a book by its cover :-)

Comments

Popular Posts